Wednesday, September 14, 2005

Aichi Expo 2005

Ini ketika saya berada diantara paviliun Thailand dan Indonesia saat study lapangan ke Aichi Expo-Nagoya-Jepang tanggal 3 September 2005 bersama rombongan SRIT. Meskipun tidak semua paviliun bisa dikunjungi tetapi disitu kita bisa memahami bahwa betapa pentingnya melihat beragam budaya dan pentingnya peduli dan menjaga lingkungan untuk kepentingan warga dunia kini dan mendatang. Apa sih Aichi Expo 2005 itu ? Dibawah ini adalah penjelasan tentang Aichi Expo dari berbagai sumber. Aichi Expo 2005 bertujuan untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi umat manusia mengenai lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi. Forum Expo ini memberikan kesempatan pula kepada segenap warga dunia untuk berinteraksi dan saling belajar mengenai mekanisme alam serta daya kehidupan agar dapat memahami budaya serta peradaban yang harus dikembangkan bagi masyarakat dunia di abad 21.
Dengan tema nature's wisdom, Expo 2005 akan mencoba mewujudkan suatu bentuk ideal untuk kebudayaan dan peradaban mengikuti kearifan alam (nature's wisdom), sebagai model bagi kehidupan masyarakat di abad 21 dengan belajar dari semua pengalaman dan pengetahuan serta kearifan manusia dalam berinteraksi dengan alam. Hal semacam ini dapat menjadi arah menuju terciptanya solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi umat manusia di abad 21. Terdapat tiga sub tema dalam Expo 2005 ini, yakni nature’s matrix, art of life dan development of eco-communities . Sub-tema nature's matrix akan menggali dan mengembangkan model peradaban di abad 21, mengatasi permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dengan berbagai percobaan dan kemajuan telah diraih di bidang bio-teknologi dan IT.Sub-tema art of life memperlihatkan bagaimana seni rupa, seni pertunjukan, adat dan tradisi yang beragam dari berbagai penjuru dunia dapat menciptakan berbagai interaksi antara manusia dengan alam yang membuka kemungkinan arah baru dari tata kehidupan umat manusia di abad 21.Sub-tema development of eco-communities akan menunjukkan suatu model gaya hidup ideal dengan infrastruktur yang menggunakan sumber daya secara efisien. Keseimbangan antara pembangunan sosial dan pengelolaan lingkungan menjadi model ideal bagi kehidupan masyarakat abad 21.
Bertemunya berbagai perbedaan di bidang keilmuan dan budaya dari seluruh penjuru dunia pada Expo 2005 Aichi akan menciptakan Grand Intercultural Symphony yang mempertautkan interaksi dari berbagai perbedaan baik manusia maupun budayanya. Expo 2005 akan menjadi tempat dimana peserta dan pengunjung dapat merasakan nilai dari perbedaan. Expo 2005 diharapkan akan melahirkan suatu gerakan pemikiran baru yang dapat menjadi solusi bagi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia mengenai lingkungan hidup di abad 21.

1 Comments:

Blogger wilham said...

tetap semangat Pak,,
dan tetap masuk kelas,,,, hehehe

2:16 PM  

Post a Comment

<< Home

<